SaYaNg d!r!mU dEnGaN JaGa KeSehAtaN

Jumat, 04 Mei 2012

EFEK SAMPING ROKOK

bahaya-rokok
Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia mencoba untuk berhenti merokok tapi gagal. Salah satu alasan utama mengapa perokok gagal untuk berhenti adalah ketidakmampuan untuk merumuskan dan mengikuti program berhenti merokok dengan benar. Namun Anda tidak perlu menyerah pada keadaan tersebut. Setiap individu pada intinya mampu untuk mengubah kebiasaan merokok asalkan punya niat dan tujuan yang kuat. Anda tidak perlu berlama-lama untuk menghilangkan kecanduan terhadap rokok.
MerokokBanyak orang yang ingin berhenti merokok, tapi selalu gagal karena masih terikat candu nikotin. Kini ada pilihan baru untuk berhenti merokok, yaitu pil dengan harga murah yang diklaim dapat membantu jutaan orang berhenti merokok hanya dalam 4 minggu. Pil dengan merek dagang Tabex ini dijual dengan harga 6 poundsterling atau sekitar Rp 83 ribu. Pil murah ini bisa membantu jutaan perokok dan telah banyak digunakan di Rusia dan Eropa Timur 
kesehatan-mata-mulut-kulit
Ada banyak perubahan pada tubuh yang mungkin tak pernah Anda sadari. Padahal, perubahan itu mungkin sangat penting untuk diketahui karena dapat mengindikasikan adanya gejala suatu penyakit. Beberapa anggota tubuh yang dapat dipantau dengan mudah setiap hari di antaranya adalah kulit, rambut, mata atau kuku. Perubahan pada anggota tubuh ini sebenarnya dapat memberikan informasi mengenai kondisi kesehatan Anda.
rokok
Hampir sebagian besar orang tahu bahwa kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan. Namun tahukah Anda, merokok di pagi hari ternyata dua kali lebih berbahaya? Sebuah penelitian yang melibatkan 7000 perokok, dilakukan oleh para ilmuwan dari Penn State College of Medicine, Amerika. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang menghisap sebatang rokok, 30 menit setelah bangun tidur memiliki risiko terkena kanker paru-paru dua kali lebih besar.
rokok-tembakau
Tembakau tak hanya mengakibatkan kanker paru-paru. Tembakau juga akibatkan kanker leher. Pusat penelitian rumah sakit Dharamshila, Delhi, India, meneliti tentang bahaya tembakau. Lembaga ini menyebutkan, konsumsi tembakau mengakibatkan kanker kepala dan leher. “Hampir 50 persen kasus penyakit kanker kepala dan leher disebabkan oleh tembakau. Selama ini tembakau hanya dikenal sebagai penyebab kanker mulut dan paru-paru,” seperti dikutip dari The Hindu. Penyakit kanker kepala dan leher bisa menyerang mulut, tenggorokan, sinus.
kanker-paru-paru-rokok
Zaenuddin dan RE Lumbantobing selalu memakai syal di balik kerah bajunya yang menutupi leher. Tapi ketika syalnya dibuka terlihat lubang menganga di leher yang untuk orang awam cukup mengerikan melihatnya. Itulah sebabnya saat keduanya bicara, syal itu kembang kempis karena di baliknya ada lubang di leher. Lubang di leher itu persis seperti gambar bungkus rokok di Amerika yakni seorang pria yang sedang merokok lalu asapnya keluar dari lubang leher.
pekerja-kantoran
Bekerja sebagai karyawan di kantor mungkin memberi kenyamanan bagi sebagian besar orang. Tetapi, tanpa disadari, bekerja di kantor ternyata tak selamanya menguntungkan. Menurut sebuah studi terbaru, bekerja di kantor yang mengadopsi konsep modern dapat memperburuk kualitas otak dan menurunkan produktivitas. Kantor modern dengan suasana yang ramai ternyata dapat menurunkan kualitas kesejahteraan pekerja hingga 32 persen dan menurunkan produktivitas hingga 15 persen. Seperti yang terungkap dalam The Secret Life of Buildings.
115774_wanita-anti-rokok_300_225
Efek buruk rokok tak hanya berbahaya bagi si perokok. Sebanyak 70 persen perokok pasif yang terpapar asap mengalami efek  buruk rokok. Namun, kerap perokok sangat sulit lepas dari kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan ini. Tak ada kata terlambat untuk menghentikan kebiasaan merokok. Berapapun usia Anda saat ini, berusaha menghentikan kebiasaan merokok bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan orang di sekitar Anda.
62077_stop_merokok_300_225
Berniat untuk berhenti merokok namun sulit untuk merealisasikannya? Memang tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, meskipun Anda sudah tahu bahayanya. Dari hasil data pemeriksaan medis yang dilakukan Sahid Sahirman Memorial Hospital pada 2010 menunjukkan, dari 2.654 karyawan di Jakarta, 94 persen karyawan perokok menderita penyakit kronis. Lalu, ada 70 persen perokok yang memiliki keinginan untuk berhenti, namun hanya 5 hingga 10 persen yang dapat melakukannya tanpa bantu
rokok1-dalam-ts
Rokok dan asapnya diketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang beberapa diantaranya bahkan terbilang mematikan. Ini dia 15 daftar penyakit yang disebabkan oleh rokok. Umumnya tidak ada satu pun organ di dalam tubuh yang tidak terpengaruh oleh asap rokok, karenanya hampir semua bagian tubuh bisa rusak oleh rokok. Hal ini karena di dalam satu batang rokok mengandung 4.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (toksik) atau karsinogenik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar